Tuesday, July 3, 2012

Macam - Macam Metodologi Penelitian dalam Skripsi Teknik Informatika

Skripsi Teknik Informatika -  Penelitian adalah suatu usaha untuk menjelaskan sebuah gejala dengan cara menghubungkan berbagai variabel berdasarkan kaidah tertentu dalam kaidah ilmu pengetahuan. Tujuan dari diadakannya sebuah penelitian adalah untuk menjawab pertanyaan, mengklarifikasi ilmu pengetahuan agar menjadi tahu dan mendapatkan kebenaran akan sesuatu yang ingin dimengerti. Penelitian bermula dari timbulnya rasa ingin tahu pada seseorang.
metodologi-penelitian
Untuk mencari tahu atau melakukan sebuah penelitian, setidaknya seseorang harus mengenal dulu macam-macam penelitian yang umum dipakai. Untuk menjadi peneliti seseorang tidak harus mengikuti proses dan prosedur tertentu, akan tetapi untuk memiliki ilmu pengetahuan (sains), seseorang harus mengikuti proses, prosedur dan kaidah tertentu dengan kata lain mengikuti sebuah metodologi penelitian.
Penelitian secara garis besar dibagi menjadi dua macam, yaitu metodologi penelitian kualitatif dan metodologi penelitian kuantitatif. Dua macam penelitian ini yang kemudian menurun menjadi bermacam-macam penelitian, seperti misalnya penelitian ekonomi, penelitian sosial, dan lain sebagainya.

Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berdasarkan jumlah banyaknya objek yang ditelitinya. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang didesain sangat spesifik, yaitu penelitian yang dirancang untuk mengetahui objek tertentu, atau benar-benar fokus kepada suatu permasalahan saja.
Penelitian kuantitatif ada bermacam-macam. Umumnya, penelitian kuantitatif adalah penelitian tentang ilmu eksak atau ilmu pasti (sains). Tujuan dari penelitian kuantitatif adalah untuk melakukan test terhadap teori yang sudah ada sebelumnya.
Salah satu contoh penelitian kuantitatif adalah penelitian tentang jumlah pendapatan di sebuah daerah. Penelitian tersebut termasuk penelitian kuantitatif karena penelitian itu membutuhkan data-data yang riil dan menggunakan hitingan-hitungan yang pasti.
Yang termasuk penelitian kuantitatif adalah: penelitian ekonomi, penelitian kependudukan, dan penelitian lain yang menggunakan prosedur dan kaidah yang ditentukan secara ilmiah.

Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berdasarkan pada mutu atau kualitas dari tujuan sebuah penelitian itu. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang didesain secara umum, yaitu penelitian yang dilakukan untuk objek kajian yang tidak terbatas dan tidak menggunakan metode ilmiah yang menjadi patokan.
Penelitian kualitatif ada bermacam-macam. Umumnya, penelitian kualitatif adalah penelitian yang objeknya non-eksak, seperti misalnya ilmu etika, ilmu bahasa, dan adat istiadat.
Contoh dari penelitian kualitatif adalah adalah ketika kita akan melakukan sebuah penelitian tentang kebiasaan penduduk suatu tempat. Misalnya kita akan meneliti tentang ritual-ritual ghaib yang tidak masuk akal kita, maka penelitian itu tidak membutuhkan batasan ilmiah, karena objek yang kita kaji memanglah jauh dari ilmiah.
Yang termasuk bagian dari penelitian kualitatif adalah: penelitian sosial, penelitian keagamaan, penelitian budaya, dan lain sebagainya yang intinya tidak memerlukan kaidah dan prosedur ilmiah.

Source:  http://skripsiteknikinformatika.blogdetik.com/
Anda ingin mencari refrensi dan contoh program lengkap ? Kami ada. Sekarang Anda bisa mencari Download Skripsi Teknik Informatika di situs ini : www.panduanSkripsi.net. Koleksi program lengkap di sana, proyek PHP dan MySQL, juga jQuery dan Framework. Bukunya juga ada.

No comments:

Post a Comment