Tuesday, July 3, 2012

Teknik Dasar Penulisan Skripsi Teknik Informatika (Step by Step)

Sebelum memulai membuat sebuah karya tulis, ada baiknya seorang siswa atau mahasiswa melihat terlebih dahulu contoh karya tulis. Bukan untuk dicontek, melainkan untuk melihat gambaran apa saja yang harus dikerjakan dalam penyususnan atau penulisan karya ilmiah.

tahapan-skripsi
Penelitain yang fresh memang lebih memiliki manfaat dan kepuasan tersendiri bagi penulisnya dan masyarakat luas, namun tingkat kesukarannya pun tentulah sangat tinggi. Berbeda dengan penulisan yang sebelumnya sudah memiliki contoh karya tulisnya. Selain pengerjaannya lebih mudah, penelitian pun akan lebih berkembang karena si penyusun tentu akan menambahkan penelitian yang belum dilakukan pada contoh karya tulis yang diajadikannya referensi.

Penulisan karya tulis ilmiah dengan berdasar kepada contoh karya tulis ilmiah yang sudah ada, biasanya akan lebih sempurna karena memiliki kecenderungan untuk salah yang sangat minimal. Namun, dalam hal ini, bukan berarti si peneliti bisa asal-asalan dalam menuliskan penelitiannya.

Peneliti tentu tidak mau menanggung malu jika penelitian yang dilakukannya menghasilkan karya tulis yang setara dengan contoh karya tulis yang pernah dibuat, apalagi jika hasil penelitiannyaitu justru tidak lebih baik dari contoh karya tulisyang sudah ada.

Berdasarkan gambaran tersebut, bagi Anda para peneliti baru yang hendak melakukan penulisan karya ilmiah, ada baiknya memiliki sebuah contoh karya tulis dan memerhatikan standard penulisan karya ilmiah guna mendapatkan hasil penelitian yang sempurna dan sangat memuaskan.

Standard bagaimana maksudnya? Begini, dalam menulis karya tulis ilmiah, para peneliti diwajibkan untuk memerhatikan standard penulisan yang berlaku. Lihat contoh karya tulis yang sudah Anda miliki. apakah penulisannya bebas seperti saat Anda membuat prosa atau surat? Tidak, bukan? ya, dalam menulis karya tulis, baik itu beupa makalah, tugas akhir maupun sekripsi haruslah mengikuti standard yang telah ditentukan.
Untuk melihat bagaimana standard penulisan karya tulis, coba Anda perhatikan hierarki atau susunan penulisan tiap bab dan subbab yang terdapat pada contoh karya tulis yang Anda miliki. Susunannya berbeda, bukan. Nah, untuk memudahkan Anda membuat sebuah karya tulis yang sempurna, berikut penulis hadirkan standard penulisan skripsi yang baik agar menghasilkan penelitian yang sempurna dan jauh lebih baik dari contoh karya tulis yang pernah Anda baca..

Contoh karya tulis yang penulis gunakan dalam artikel ini adalah standard penulisan skripsi. Skripsi adalah salah satu contoh karya tulis ilmiah yang ditulis mahasiswa program S1, sebagai syarat kelulusan. Penulisan skripsi tidak dikerjakan secara borongan, pada umumnya dilakukan setahap demi setahap. Dimulai dari perencanaan sampai pada penulisan akhir.

Pengerjaan skripsi yang dilakukan setahap demi setahap akan memudahkan pengontrolan. Jika terjadi kesalahan tidak akan melampaui bab, maksudnya jika terjadi kesalahan pada bab pertama, akan memudahkan untuk mengerjakan pada bab berikutnya, tapi jika dikerjakan borongan kesalahan bab pertama, berarti bab selanjutnya-pun akan mengalami revisi.

Penulisan karya ilmiah yang dilakukan secara bertahap lebih menghemat tenaga, energi, dan dana tentunya. Proses penulisan secara bertahap ini memungkinkan ide akan terjaga dengan baik dan bisa dikembangkan. Bagaimana Tahapan penulisan skripsi yang baik yang sesuai dengan contoh karya tulis? Berikut adalah uraiannya.

Skripsi Teknik Informatika - Penulisan dan Pengajuan Bab I

 

Pada penulisan Bab I terdiri atas:

1. Latar Belakang Masalah dalam Contoh Karya Tulis
Biasanya mahasiswa bingung menulis latar belakang masalah, darimana mulai menulis. Dalam Bab pertama kita menguraikan mengapa memilih masalah yang hendak diteliti. Pada latar belakang juga dituliskan teori yang mendukung ataupun teori yang membantah tentang masalah yang dipilih. Jika perlu dukung dengan data baik data primer maupun data sekunder.

2. Perumusan Masalah dalam Contoh Karya Tulis
Setelah selesai mengerjakan latar belakang masalah, buatlah Kalimat Tanya untuk rumusan masalah.

3. Tujuan Penelitian dalam Contoh Karya Tulis
Di dalam bab satu juga dirumusakan mengenai tujuan masalah, tujuan penelitian harus sama dengan rumusan penelitian. Kesalahan mahasiswa ketika menulis tujuan masalah selalu tidak relevan dengan rumusan masalah.

4. Hipotesis dalam Contoh Karya Tulis
Untuk mempermudah menjawab permasalahan penelitian yang telah dikembangkan. Namun, tidak semua penelitian memakai hipotesis, contohnya penelitian deskritif/ pada penelitian kualitatif

5. Kegunaan Penelitian dalam Contoh Karya Tulis
Dalam penggunaan penelitian, tulisalah apa sumbangannya kepada lembaga pendidikan, akademik, masyarakat, mahasiswa lain, dan bagi Anda sendiri.

6. Ruang Lingkup Batasan Masalah dalam Contoh Karya Tulis
Perlunya pembatasan masalah agar pembahasan yang diteliti tidak terlalu melebar. Penelitian yang baik adalah penelitian yang sempit namun pembahasannya mendalam.

7. Metode Penelitian dalam Contoh Karya Tulis
Menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan penelitian, mencangkup cara pengumpulan data, alat yang digunakan dan cara analisis data.

8. Sistematika Penulisan/ Operasional Variabel dalam Contoh Karya Tulis
Memberikan gambaran umum dari bab ke bab isi dari penulisan skrpsi. Jika penulisan bab I sudah selesai, diskusikan dengan pembimbing dan buatlah janji sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati untuk bimbingan bab II

Skripsi Teknik Informatika - Penulisan dan Pengajuan Bab II

 

Sebelum menulis bab II, diusahakan Anda sudah membaca berbagai macam literatur. Literatur bisa didapat dari berbagai macam sumber. Bisa dari buku, jurnal penelitian, skripsi, tesis, dan sumber-sumber lain berasal dari bacaan.
Bab II berisi mengenai teori-teori yang berkaitan dengann penelitian. Teori yang dimaksud adalah teori yang menunjang penelitian. Suatu penelitian, baik skripsi, tesis maupun desertasi secara ideal apabila ditunjang oleh data primer, yaitu hasil-hasil penelitian sebelumnya dalam jurnal penelitian ataupun hasil penelitian lainnya. Boleh saja menggunakan data sekunder, yaitu literatur dari buku, teks dan sumber terbitan lainnya.


Skripsi Teknik Informatika - Penulisan dan Pengajuan Bab III

 

Penulisan bab III sama halnya dengan penulisan bab I dan bab II. Perbedaannya pada kajian tiap bab. Pada bab I Anda menguraikan bagaimana rancangan yang digunakan, “Kapan penelitian dilakukan dan di mana tempatnya”, bahan dan metode apa yang digunakan, berapa populasi dan sampel yang digunakan, bagaimana prosedur penelitiannya dan pengumpulan datanya, serta analisis datanya menggunakan apa.
Pada bab III masuk ke pembahasan profil atau seputar objek yang diteliti. Misalkan Anda meneliti tingkat etos kerja pada satu perusahaan. Profil perusahaan masuk ke dalam bab III


Skripsi Teknik Informatika - Penulisan dan Pengajuan Bab IV

 

Bab VI adalah pembahasan. Dalam menulis pembahasan harus didukung oleh teori, bisa berupa teori yang menunjang ataupun teori yang membantah hasil penelitian Anda. Jika sudah masuk bimbingan bab VI, sertakan bab I, II, III. Karena yang dibahas di bab VI berhubungan dengan bab sebelumnya.


Skripsi Teknik Informatika -Pembahasan dan Pengajuan Bab V

 

Dalam bab V ada dua uraian, yaitu Kesimpulan dan Saran.
Kesimpulan penelitian lebih bersifat konseptual dan harus terkait langsung dengan perumusan masalah, tujuan penelitian (pada bab I). Sedangkan saran harus bersumber dari temuan penelitian, pembahasan dan kesimpulan. Saran yang baik bersifat rinci dan operasional. Saran biasanya bersifat anjuran untuk penelitan lanjutan.
Sesudah selesai semua bab, bagian akhir (daftar pustaka dan lampiran) Anda tinggal mempersiapkan diri untuk memasuki sidang skripsi.
Nah, itulah contoh karya tulis dan standard penulisannya yang baik. Semoga bermanfaat.

Source:  http://skripsiteknikinformatika.blogdetik.com/
Anda ingin mencari refrensi dan contoh program lengkap ? Kami ada. Sekarang Anda bisa mencari Download Skripsi Teknik Informatika di situs ini : www.panduanSkripsi.net. Koleksi program lengkap di sana, proyek PHP dan MySQL, juga jQuery dan Framework. Bukunya juga ada.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment