Tuesday, July 3, 2012

Sistematika dalam Penulisan Skripsi Teknik Informatika

Pernah melihat kakak Anda bingung memikirkan tentang sistematika penulisan makalah? Atau mungkin Anda sendiri pernah merasakannya? Ya. Masa-masa sekolah dan kuliah adalah masa kita untuk belajar memahami suatu bidang pelajaran atau mata kuliah tertentu dengan melakukan praktek dan menuliskan laporan kerjanya.

 Laporan tersebut dengan karya ilmiah.


pedoman-skripsi

Disebut ilmiah karena terjadi dalam ruang lingkup pendidikan yang mengharuskan segala hal berlandaskan pada ilmu pengetahuan dan bukan rekaan semata, serta dapat dibuktikan secara empiris atau berdasarkan fakta penelitian, pengamatan, penemuan, dan pengalaman sang penulis.

Menurut guru besar bidang kewarganegaraan, Dr. H. Endang Danial AR., M.Pd, karya ilmiah adalah berbagai macam tulisan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan menggunakan tata cara ilmiah, yaitu suatu sistem penulisan yang didasarkan pada sistem, masalah, tujuan, teori, dan data dalam memberikan alternatif pemecahan masalah tertentu.

Makalah adalah salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang membahas suatu masalah berdasarkan penyelidikan, pengamatan, pengumpulan data, yang didapat dari suatu penelitian, baik penelitian lapangan, tes laboratorium, maupun kajian pustaka.

Sistematika penulisan makalah

Penulisan makalah disusun per bab. Bab-bab tersebut terdiri atas:

Bab I Pendahuluan

Bab ini terdiri atas:
* Latar belakang, yang berisi alasan mendasar pemilihan topik. Dapat berupa paparan teoritis maupun paparan praktis, tetapi jangan libatkan alasan yang bersifat pribadi atau alasan subjektif.
* Masalah atau topik bahasan, berisi intisari topik yang ingin dibahas, gunakan bahasa yang singkat dan jelas.
* Sistematika penulisan, berisi garis besar yaitu apa yang ditulis mulai dari pendahuluan, isi, sampai penutup.
* Tujuan penulisan, berisi maksud tulisan, apa yang ingin dicapai dan deskripsi sasaran penulisan.

Bab II Pembahasan

Bab ini berisi penjelasan tentang topik dan sub bagian dari topik dengan menyertakan data – data pendukung atau referensi.

Bab III Penutup

Bab ini terdiri atas:
* Kesimpulan, berisi intisari dari hasil pembahasan dalam kalimat yang jelas. Anda juga dapat menuliskannya dalam bentuk poin-poin.
* Implikasi, berisi dampak yang mungkin timbul dari pembahasan Anda. Poin implikasi ini boleh disertakan, boleh juga tidak.
* Saran, berisi tentang rekomendasi atau tindak lanjut kepada pihak-pihak terkait.

Daftar Pustaka

Berisi catatan semua sumber yang Anda pergunakan dalam menulis makalah.

Lampiran

Berisi hal-hal yang bersifat pelengkap yang dipakai dalam proses penulisan makalah. Seperti data yang berupa angka, grafik, atau deskripsi verbal yang dianggap sangat penting. Bagian ini tidak dimasukkan dalam batang tubuh makalah. Jangan lupa untuk member nomor halaman pada bagian lampiran ini.

 Source: http://skripsiteknikinformatika.blogdetik.com/
Anda ingin mencari refrensi dan contoh program lengkap ? Kami ada. Sekarang Anda bisa mencari Download Skripsi Teknik Informatika di situs ini : www.panduanSkripsi.net. Koleksi program lengkap di sana, proyek PHP dan MySQL, juga jQuery dan Framework. Bukunya juga ada.

No comments:

Post a Comment